Jum’at (10/2) lalu telah dilaksanakan pelantikan serentak pengurus UKM dan BEM Unsoed untuk pertama kalinya. Acara yang dilaksanakan di Aula Rektorat lantai 1 ini dihadiri oleh Bapak Rektor Unsoed yakni Ir.Ahmad Iqbal, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni masing-masing fakultas, Pembina masing-masing UKM, Perwakilan dari pengurus dan anggota sebanyak 122 orang serta tamu undangan. Dari UKM MB BPS sendiri dihadiri oleh Mita Destriana (Sekertaris periode 2017), Seli Mardiana (Bendahara periode 2017) dan Pamungkas Sri Utami (Staff Humas peridoe 2017). Adanya pelantikan serentak ini bertujuan untuk menyeragamkan periode kepengurusan BEM dan UKM yang ada di Unsoed.
Pengurus yang telah resmi dilantik oleh Rektor Unsoed ditandai dengan pengambilan janji pengurus yang diharapkan setelah pembacaan janji ini pengurus baru BEM dan UKM menjunjung tinggi lembaga dan organisasi yang berlandaskan UUD 1945 dan Pancasila serta menunjukkan etika Civitas Akademika Unsoed. Pengurus juga harus memberikan yang terbaik dan sungguh-sungguh dalam mengemban tugas yang diamanahkan selama satu periode.
Dalam acara tersebut, Bapak Ir.Ahmad Iqbal berkesampatan menyampaikan sambutan. Beliau menyampaikan terima kasih yang sangat mendalam kepada pengurus yang mau menjadi pengurus BEM dan UKM. Namun di sisi lain juga menyayangkan kejadian pancalonan ketua atau presiden BEM dan UKM dimana mahasiswa kurang berpartisipatif dalam berorganisasi. “Menjadi pemimpin sekarang sangat sulit. Oleh karena itu, mahasiswa harus belajar menjadi pemimpin. Berorganisasi merupakan sarana untuk belajar. Masa depan dimulai dalam tanda kutip yaitu saat anda berorganisasi” begitu tuturnya. “Berorganisasi memiliki banyak manfaat terutama dalam mengembangkan softskill yaitu belajar mengeluarkan pendapat, belajar mengeluarkan gagasan atau ide, mengevaluasi dan belajar menerima pendapat orang lain sehingga menjadikan insan yang tidak egois.”
Pak Achmad Iqbal juga berpesan untuk tidak menganggap berorganisasi menghabiskan waktu tetapi memanfaatkan waktu dengan berorganisasi. Dalam mengemban tugas satu tahun kedepan beliau memberi mandat agar memperbanyak komunikasi dengan Pembina dan Wakil Rektor Bidang kemahasiswaan atau Wakil Rektor 3. “Selamat bekerja demi Unsoed. Saya yakin bisa!” kalimat penutup dari sambutan rektor yang memberikan semangat kepada pengurus BEM dan UKM.
Selamat bekerja Pengurus UKM MB BPS tahun 2017, semoga UKM MB BPS menjadi lebih baik. Ingat kita adalah cucu Soedirman yang tak kenal lelah dan PANTANG MENYERAH! HERE WE GO!

Leave a Reply