Minggu, (30/04) Marching Band Bahana Putra Soedirman melaksanakan studi banding di kota pelajar Yogyakarta. Tepatnya menuju Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang mana menjadi tujuan pertama dalam studi banding ini, disana kami diterima dengan baik. Di Drum Corps UMY sendiri langsung disambut hangat oleh Joko Loro Setyo yakni ketua umum DC UMY. Tujuan selanjutnya, cucu Soedirman ini berpaling menuju Universitas Negeri Yogyakarta. Disana kami berkesempatan melihat latihan MB CDB yang sedang berlatih untuk performance di Hari Pendidikan Nasional.

Studi banding merupakan salah satu proker MSDM MB BPS Periode 2017, dimana tujuan dari proker menambah pengetahuan pengurus dan anggota Marching Band Bahana Putra Soedirman mengenai tata kelola organisasi dan juga pengembangan teknis dalam latihan. Selain itu juga untuk mempererat tali silaturahmi dan meningkatkan hubungan baik antara Marching Band Bahana Putra Soedirman dengan Marching Band Citra Derap Bahana dan Drum Corps Jogjakarta. Dalam studi ini MB BPS mewadahi sarana pertukaran informasi sesama pengurus dan anggota marching band yang dituju yaitu MB CDB dan DC UMY.

Harapannya dengan dilaksanakannya studi banding ini, MB BPS dapat menjadi unit yang lebih baik dalam semua bidang. Artinya, pengurus UKM MB BPS harus dapat memfilter metode-metode mana saja yang sekiranya cocok diterapkan dalam kepengurusan di tahun 2017. Selain itu juga dapat meningkatkan pengelolaan dan manajemen dalam kepengurusan tahun ini. Tak hanya pengurus, bagi anggota diharapkan dapat meningkatkan aktualisasi dirinya dalam dunia marching dengan melihat gambaran marching band diluar Purwokerto. Sehingga mereka tergugah semangatnya untuk bersaing dalam hal teknis maupun non-teknis dengan marching band lain.