“Marching terus…. Pantang menyerah!” merupakan jargon yang sedang hits digunakan saat rangkaian acara pelantikkan rotasi 39 Marching Band Bahana Putra Soedirman bulan Juli lalu. Acara yang dilaksanakan selama tiga hari terhitung sejak 21 Juli-23 Juli 2017 lalu ini dapat dikatakan cukup berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, “Ya, tahun ini pelantikkan rotasi 39 memang agak sedikit berbeda karena konsepan acara tahun ini kami ingin membuat sebuah suasana baru dan juga semangat baru bagi generasi penerus di MB BPS.” Ujar Fitri Primalianda sebagai tim acara pada pelantikkan kali ini.

Bertempat di lingkungan Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Unsoed, membuat suasana pelantikkan kali ini menjadi lebih akrab. Karena tempat tersebut  memang biasa digunakan untuk latihan, rapat ataupun kegiatan lainnya yang berhubungan dengan MB BPS. Sehingga diharapkannya rotasi baru ini mulai terbiasa dengan situasi yang ada di MB BPS. Meskipun jumlah yang dilantik masih terbilang minim, tetap tidak menyurutkan antusiasme kawan-kawan baru di tim kita untuk mengikuti rangkaian acara pelantikkan.

Hari pertama dari rangkaian acara ini dimulai dengan pembukaan yang dilaksanakan sekitar pukul 21.00 WIB di pendopo PKM Unsoed dan ditutup pada pukul 22.00 WIB. Keesokan harinya para peserta pelantikkan dibangunkan oleh panitia mulai dari jam 03.00 untuk melaksanakan shalat tahajud berjamaah dilanjutkan dengan shalat subuh berjamaah. Pembiasaan ini dilakukan karena menjadi seorang marchingbandist tidak cukup hanya memenuhi kebutuhan fisik terus-menerus, tapi juga kebutuhan rohani harus senantiasa terisi. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan senam pagi bersama hingga pukul 07.00 WIB.

Rangkaian selanjutnya adalah perkenalan mengenai Marching Band yang diisi oleh  Doni Saputra (Battery, rotasi 33) kepada calon anggota baru. Tak hanya memperkenalkan marching band secara umum, disini calon anggota juga dijelaskan mengenai perbedaan antara marching band dan drum band, macam-macam lomba-lomba marching band berdasarkan tingkatannya, bagaimana menjadi seorang marchingbandist yang baik, dan masih banyak lagi. Diadakannya sesi ini selain untuk memperkenalkan, juga untuk memberi gambaran secara umum untuk calon anggota agar tetap bisa survive selama didunia marching band. Selain itu, para calon anggota juga dibuatkan sebuah mini tour dalam bentuk pos-pos dimana mereka akan mendatangi satu-persatu pos yang telah disediakan dan mengulas kembali yang telah didapat selama diksar (pendidikan dasar) dan rangkaian acara penerimaan anggota baru.

Acara pelantikkan rotasi 39 ditutup dengan upacara pelantikkan yang diadakan di Pendopo PKM Unsoed yang dihadiri oleh anggota, alumni dan Bapak Pembina MB BPS yakni Drs. Bambang Widodo, M.Par yang juga turut melantik anggota baru rotasi 39. Semoga lahirnya generasi baru di MB BPS ini akan membuat MB BPS semakin maju lagi kedepannya. Semangat Team. Sampai bertemu di Penerimaan Anggota Baru Rotasi 40. Here we go! (Admin).